Senin, 04 Juni 2012

Tugas mata kuliah media pembelajaran semester IV

Tugas mata kuliah media pembelajaran semester IV
Yunita Wulandari
100210302088

Tugas Filsafat sejarah
1.       Kemukakan definisi filsafat sejarah spekulatif/kontemplatif menurut:
a)      F.R. Ankersmit :  Filsafat sejarah yang mencari “struktur dalam” yang terkandung dalam proses (peristiwa)sejarah secara keseluruhan.
b)      Patrick Gardiner : Filsafat sejarah yang mengkaji tentang “makna & tujuan” dari proses (peristiwa) sejarah.
c)       Zainab al-Khudairi: Tinjauan filsafati thd peristiwa2 historis untuk mengetahui faktor esensial yg mengendalikan perjalanan peristiwa2 historis itu, untuk kemudian mengikhtisarkan hukum2 umum yg tetap yg mengarahkan perkembangan berbagai bangsa & negara dlm berbagai masa & generasi.

2.    :   Pandangan  Filsafat sejarah spekulatif/kontemplatif pada zaman kuna/klasik
3.       Pandangan-pandangan Filsafat sejarah spekulatif/kontemplatif pada abad pertengahan menurut:
a)      Santo Agustinus:  menurut Santo Agustinus Sejarah dimulai pada saat penciptaan manusia pertama dan terjadinya perbuatan dosa asal di Taman Firdaus, kemudian berlanjut pada kejadian-kejadian manusia di dunia, sampai saat kedatangan kembali Kristus, Mesias Sang Penebus Dosa, ke dunia. Masa di antara terjadinya dosa asal di Taman Firdaus hingga kedatangan kembali Kristus ke dunia disebut  “Sejarah Profan”,  yaitu masa pertentangan universal antara Civitas Dei (Kerajaan Tuhan) dengan Civitas Terrena (Kerajaan Dunia) atau Civitas Diaboli (Kerajaan Setan).
b)      Joachim:  menurut Joachim Sejarah dimulai sejak manusia pertama (Adam); kemudian berlanjut pd kejadian-kejadian manusia di dunia, sampai saat kedatangan Roh Kudus, yg akan mengalahkan kekuatan Anti-Christ; setelah itu, tibalah pengadilan akhir. Menurut Joachim Sejarah dibagi dalam tiga babakan waktu besar  yaitu:
1. Periode Bapa: dimulai sejak Adam berdiri ketakutan di bawah hukuman. Selama masa ini, bgs Yahudi mjd budak;
2. Periode Putera: dimulai sejak Uzziah, yang dlm kepercayaan dan kerendahan hati berada di bawah tanda Injil Suci. Selama periode kedua ini, orang2 Kristen mempunyai kebebasan jiwa, serta diperintah oleh studi dan disiplin;
3. Periode Roh Kudus: dimulai sejak masa Santo Benedictus. Pd masa inilah, Roh Kudus akan datang. Anti-Christ akan dikalahkan. Gereja dari Timur dan  Barat akan bersatu. Masa akhir telah dekat, dan hari pengadilan akhir akan tiba.

c)       Ibn Khaldun:  menurut Ibn Khaldun sejarah Semua fenomena sosial tunduk pada hukum perkembangan;

4.       Pandangan-pandangan Filsafat sejarah spekulatif/kontemplatif pada abad modern
a)      Giovanni Battista Vico: menurut Vico Selalu ada perulangan di dalam proses sejarah, Proses sejarah setiap bangsa (kebudayaan) bergerak melalui 3 tahap perkembangan  menurut Vico, yaitu:
(1) Barbar ( stadium barbaricum )
(2) Kepahlawanan ( stadium heroicum )
(3) Peradaban ( stadium rationale ) ;
b)      G.W.F  Hegel: Sejarah hakekatnya mrp perwujudan atau realisasi  ( gestalte wording )  akal di dalam waktu; menurut Hegel akal adalah penguasa dunia
c)       Oswald Spengler:  menurut Spengler Proses (Gerak) Sejarah  adalah Spiral, Motor Proses (Gerak) Sejarah SCHICKSAL , dan Tujuan Proses (Gerak) Sejarah  Tidak Bertujuan , dimana Kehidupan kebudayaan dalam segalanya sama dg kehidupan obyek organik lainnya seperti kehidupan hewan, tumbuh2an, dll. Kesemuanya itu dikuasai dan dikendalikan oleh schicksal (hukum alam atau nasib);

Tidak ada komentar:

Posting Komentar